Jumat, 18 Februari 2011

Ateneo Grand Splendid, Toko Buku Terindah di Dunia



Argentina adalah negara yang terkenal akan sastranya. Di warung kopi, taman, di bus dan bahkan sambil berjalan menyusuri jalan-jalan kota, semua orang disana membaca buku. Jadi pantas bila bahwa Buenos Aires mengklaim salah satu toko yang paling luar biasa di dunia buku: Ateneo Grand Splendid.

Sejarahnya
Pada tahun 1919 seorang pemuda bernama Max Glucksman memutuskan untuk membangun sebuah rumah teater yang baik, megah dan indah. Glucksman adalah seorang visioner yang mempunyai mimpi membuka teater , kemudian teater tersebut diberi nama The Splendid Grand. Selama bertahun-tahun teater disajikan dengan kinerja dari semua jenis drama hebat dan lokal seperti Gardel dan Corsini yang menghiasi panggung. Pada tahun 1924 Glucksman memulai siaran Radio Splendid dari lantai empat bangunan, dan pencatatan perusahaannya mencatat beberapa Odeon awal Tango hebat. Di akhir dua puluhan teater diubah menjadi rumah film dan pada tahun 1929 menunjukkan film pertama.
Dalam metamorfosis akhir Ateneo diubah menjadi toko buku yang sekarang ini, namun meskipun banyak buku, bangunan masih terasa sangat mirip dengan teater sebelumnya.

sumber: kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms